Istilah-Istilah Penting Kelistrikan

Listrik adalah salah satu hal yang kita gunakan setiap harinya. Bukan hanya digunakan saja, namun ilmunya juga biasa digunakan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan kita. Seperti yang kita tahu jika beberapa pekerjaan biasanya juga menggunakan beberapa istilah kelistrikan yang umum digunakan. Sehingga, tak heran jika istilah dasar ini harus Anda ketahui. Pasalnya, akan selalu digunakan dalam proyek harian Anda khususnya bagi Anda yang bekerja di lapangan. Bukan hanya itu saja, istilah ini juga akan berhubungan dengan keamanan yang biasa digunakan dalam pelatihan Ak3 umum. Sehingga, saat Anda mengetahui istilahnya, diharapkan Anda mengerti tingkat keselamatan dan juga bahaya yang ditimbulkan.

Istilah Kelistrikan Yang Wajib Diketahui

Saat berbicara istilah kelistrikan ini pastinya sudah diketahui sejak dini di mana sering ditemukan di beberapa part listrik yang kita gunakan. Sehingga, istilahnya sudah tak asing lagi karena sudah familiar sejak kecil.

  • Ampere

Salah satu istilah yang paling banyak digunakan dan paling familiar adalah ampere atau yang biasa disingkat sebagai (A). Ampere sendiri merupakan satuan alat ukur listrik baik itu untuk arus searah DC atau pun arus bolak balik AC.

  • Alat pembatas dan pengukur

Istilah lain yang biasa digunakan adalah alat pembatas dan pengukur atau yang biasa dikenal sebagai APP. Alat ini adalah kepemilikan PLN yang biasa digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap energy listrik yang digunakan serta berfungsi juga sebagai pembatas dari energy yang digunakan.

  • Ampere meter

Setelah mengetahui satuan arus listrik sebagai ampere, maka terdapat alat yang digunakan untuk mengukurnya yakni amperemeter. Alat-alat ini biasanya akan dijelaskan lebih lanjut saat Anda melakukan pelatihan pelatihan Ak3 umum.

  • Voltmeter

Selain amperemeter, ada juga alat ukur untuk beda potensial atau tegangan listrik. Alat ini dinamakan sebagai voltmeter yang mungkin biasa Anda gunakan.

  • Watt mete

Alat pengukur lainnya yang sering digunakan adalah watt meter. Alat ini digunakan untuk mengukur daya listrik yang digunakan. Watt juga menjadi salah satu parameter dari berapa biaya yang harus Anda keluarkan dalam satu bulan sehingga pastinya Anda sudah tak lagi asong dengan istilah yang satu ini.

  • Volt

Setelah mengetahui alat ukurnya, maka Anda juga harus mengetahui yang namanya voltase atau alat ukur. Voltase ini memiliki satuan sebagai 1 kilovolt setara dengan 1.000 volt.

  • Watt

Watt adalah satuan daya listrik yang biasanya digunakan dalam pengukuran energy yang dipakai dalam satu bulan.

  • Switch

Saklar listrik atau yang biasa dikenal sebagai switch ini memiliki fungsi untuk memutuskan atau menghubungkan dengan arus listrik. Alat ini pasti dimiliki oleh hampir seluruh rumah yang ada yang telah menggunakan listrik sebagai energinya.

Istilah Asing Tentang Listrik Yang Harus Diketahui

Selain istilah yang biasa didengar, ada juga beberapa istilah asing yang harus Anda ketahui. Istilah ini juga biasanya ada dalam berbagai macam pelatihan Ak3 umum yang akan membahas terkait keselamatan dalam kinerja.

  • Fuse

Fuse atau biasa dikenal sebagai sekring ini adalah alat yang digunakan pada saat keadaan darurat yang berfungsi untuk memutuskan arus pada saat terjadi kejadian arus yang melebihi nilai ambang batas yang ditetapkan dan juga arus hubung singkat yang ada di saklar tersebut.

  • Trafo

Trafo adalah alat yang berfungsi untuk menaikkan atau bahkan menurunkan tegangan yang ada yakni tegangan AC atau tegangan bolak balik.

  • TDL

Istilah selanjutnya yang biasa digunakan adalah TDL atau yang memiliki kepanjangan berupa tarif dasar listrik yang menunjukkan terkait golongan dan juga harga bayar yang telah ditetapkan oleh PLN yang mengacu terhadap kebijakan pemerintah.

Saat Anda berbicara masalah istilah kelistrikan ini nyatanya akan sangat berguna dalam kerjaan Anda. Sehingga, Anda juga membutuhkan pelatihan Ak3 yang akan sangat bermanfaat dalam keselamatan kinerja Anda. Jadi, yuk cari tahu terkait seberapa pentingnya mengikuti pelatihan Ak3 umum khususnya untuk Anda yang terbiasa bekerja dengan listrik dan juga perkakas lain yang mungkin akan berbahaya saat tak ditangani dengan semestinya.